Kamis, 04 Oktober 2018

GameLevel-2 Kuliah BunSay

MELATIH KEMANDIRIAN ANAK

       Dalam kandirian anak, saya memang sudah membiasakan sedari dini untuk anak-anak saya. Meski awalnya dipaksa, namun lama-lama akan terbiasa, begitu pikir saya. Biar saja saya capek memerintah sekarang, daripada nanti mereka sudah susah dibentuk. Dan kebanyakan para remaja yang tidak bisa mandiri apakah karena masa kecilnya fitrah mandirinya selalu dibenam dan diabaikan karena ketakutan orangtuanya. Takut anak tidak bisa, takut anak terluka, takut mengerjakan sesuatu jadi lebih lama dan ketakutan yang lain.
       Anak-anak saya, Shakeela dan Mumtaz termasuk anak yang mandiri. Entah karena terbiasa saya paksa, entah memang karakter mereka yang sudah mandiri. Saya berfikirnya, apakah memang ini fitrah setiap anak yang ingin melakukan semuanya sendiri meski tidak bisa. Mereka sudah bisa makan sendiri, mandi sendiri, merapikan mainan, nyapu, ngepel, mengambilkan minum orangtua ketika makan, dan lain-lain. Meski hasil tidak sempurna, namun proses belajarnya patut saya apresiasi selalu.
      Di tantangan kali ini saya akan mencoba kedua anak saya untuk mandiri dalam membersihkan piring kotor setelah dipakai, karena memang belum pernah dicoba padahal mereka sering meminta. Dan hari ini masih tahap mengumpulkan piring dan gelas yang kotor ke wastafel agar nanti tinggal dicuci lalu disusun ke rak piring. Semangaattt.


☀☀☀☀☀☀☀


#Harike1
#gamelevel2
#tantangan10hari
#melatihkemandirian
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

1 komentar: