Sabtu, 08 Desember 2018

Day10 - GameLevel4

Memahami Gaya Belajar Anak
Day 10

          Shakeela dan Mumtaz adalah tipe kakak beradik yang berbeda karakter. Shakeela adalah anak yang super aktif dan cerewet, sedangkan Mumtaz lebih nyantai dan kalem. Namun karena Mumtaz adalah peniru hebat kakaknya, sehingga Mumtaz menjadi seperti apa kakaknya. Apapun gerakan dan ucapan yang dilakukan kakaknya, otomatis diikutnya. Sehingga Mumtaz jadi anak yang super aktif dan cerewet juga.
          Saya dan abinya sering kewalahan menghadapi kecerewetan Shakeela dan Mumtaz. Mereka menjadi anak yang banyak bertanya, bicara, bercerita, bernyanyi, bermain peran, dan apa saja. Kalau kaki mereka berhenti bergerak, mulutnya tak berhenti bicara. Saking aktifnya. Sehingga ide saya muncul ingin mengolah kecerewetan mereka dengan diajari menjadi beberapa profesi. Agar kecerewetannya bermanfaat dan terarah.
          Pertama, saya ajari untuk menjadi seorang Ustadz dan Ustadzah. Awalnya saya perlihatkan beberapa video-video dai cilik dari youtube. Setelah itu saya ajari bagaimana bahasa tubuh, cara berkomunikasi, intonasi suara, dan isi ceramahnya. Alhamdulillah, Shakeela dan Mumtaz bisa berperan jadi Ustadz dan Ustadzah dadakan.😂
          Kedua, saya alihkan kecerewetan mereka untuk menjadi seorang presenter. Cara-caranya sama seperti di penjelasan pertama. Hasilnya masih lebih baik jadi Ustadz/ah tadi.😂
          Ketiga, ada saran selanjutnya mau diajari apa?😜


#harike10
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunsayIIP

Jumat, 07 Desember 2018

Day9 - GameLevel4

Memahami Gaya Belajar Anak
Day 9

          Kak Shakeela termasuk anak yang suka belajar, menulis dan menggambar atau mewarnai. Meskipun belum konsisten, namu bila diperhatikan ketika melakukannya dia sangat fokus dan menyenanginya. Kak Shakeela sering meminta saya untuk membuat tulisan yang selanjutnya dialah yang melanjutkan sampai ke bawah. Masih tahap itu. Belum pada tambah, kurang, kali, bagi.😂
          Kalau adek Mumtaz hanya mengikuti apapun yang dilakukan kakaknya. Kakaknya lari-lari ya dia ngikut. Kakaknya belajar dia pun belajar. Kakaknya nyantai pun dia ikutan. Mumtaz memang peniru hebat dari kakaknya.
          Kak Shakeela sering memerhatikan saya ketika mengajar ngaji anak-anak tetangga. Kalau anak ngaji belajar nulis arab, kak Shakeela pun meminta saya untuk dibuatkan tulisan sama seperti yang saya buat untuk anak ngaji. Padahal dia belum pandai menuliskannya. Karena dia memaksa, saya pun membuatkan tulisan arab yang akan diikutinya sampai ke baris bawah. Sederhana saja. Seperti tulisan yaumun (pakai tulisan arab) = hari atau qolamun = pena.
Dan ternyata kak Shakeela bisa menuliskannya tanpa saya ajari. Ya meskipun belum rapi.😅
          Akhirnya kak Shakeela selalu ketagihan nulis bahasa arab.


#harike9
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunsayIIP

Kamis, 06 Desember 2018

Day8 - GameLevel4

Memahami Gaya Belajar Anak
Day 8

Alhamdulillah Kak Shakeela sudah mulai sembuh. Meski batuk pileknya masih ada, namun beliau sudah mulai lasak yang artinya badannya sudah mulai enakan. Tapi adek Mumtaz masih demam. Masih terkulai lemas di tempat tidur dan selalu nempel sama Ummi dan Ummi gak boleh lepas dari pandangan matanya. Kak Shakeela sudah mulai menodong Ummi dengan buku bacaan yang harus Ummi bacakan. Sesekali dia meminta Ummi berhenri membaca dan gantian dia yang membaca dengan imajinasinya sendiri. Kalau sudah bosan kak Shakeela mengambil buku mewarnai dan crayonnya. Kak Shakeela selalu semangat kalau menggambar dan mewarnai meskipun belum pandai dan rapi. Setelah selesai dia selalu membereskan mainannya sendiri.



#harike8
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunsayIIP

Rabu, 05 Desember 2018

Day7 - GameLevel4

Memahami Gaya Belajar Anak
Day 7


Kak Shakeela sudah turun panasnya, tapi flu batuknya masih ada. Badan masih lemas, jadi Kak Shakeela hanya tiduran aja seharian. Adek Mumtaz pun tetiba demam juga. Sama seperti Kakaknya, adek pun tiduran aja. Hanya sesekali mereka bermain.
Tidak banyak pembelajaran dan pengamatan hari ini. Karena Umminya pun ikutan lemas.😂



#harike7
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunsayIIP

Selasa, 04 Desember 2018

Day6 - GameLevel4

Memahami Gaya Belajar Anak
Day 6


Hari ini Kak Shakeela demam. Tidak banyak kegiatan yang dilakukan. Hanya tertidur lemas dan memerhatikan adiknya yang sedang asyik bermain bersama abinya. Abi masih cuti hingga rabu besok.
Mumtaz hari ini bermain dan belajar sambil mengikuti abi menyapu halaman, menyiram tanaman dan beres-beres rumah.


#harike6
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunsayIIP

Senin, 03 Desember 2018

Day5 - GameLevel4

Memahami Gaya Belajar Anak
Day 5


Hari ini Abu Shakeela cuti kerja. Kami pergi ke dokter gigi untuk memeriksa gigi Kak Shakeela dan Adek Mumtaz. Setelah pulang dari dokter gigi saya sedikit kelelahan.😂 Kakak dan Adek banyak bermain bersama Abinya. Bercerita, membaca buku, menyiram tanaman, dan lain-lain.


#harike5
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunsayIIP
#InstitutIbuProfesional

Minggu, 02 Desember 2018

Day4 - GameLevel4

Memahami Gaya Belajar Anak
Day 4

Hari ini Kak Shakeela bantuin saya melipat pakaian. Dia selalu semangat setiap membantu pekerjaan umminya. Jadi saya tidak ingin mematahkan semangatnya, saya cukup ajari step by step sambil memeragakan di depan Kak Shakeela, dan Kakak pun sambil mengikutinya. Sekali dua kali diajarkan Kak Shakeela sudah bisa. Meskipun belum rapi, namun saya tetap menghargai proses belajarnya.
Pemahaman belajar Kak Shakeela hari ini adalah auditori dan visual.


#harike4
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunsayIIP

Sabtu, 01 Desember 2018

Day3 - GameLevel4

Memahami Gaya Belajar Anak
Day 3

Beberapa hari ini kami bersama murid ngaji menghapal surat Al Lahab dalam rangka akan mengikuti lomba hapalan surat pendek. Anak ngaji saya sudah hapal, namun terus diulang untuk memperbaiki bacaannya agar semakin baik. Kak Shakeela dan Adek Mumtaz selalu mengikuti ketika kami mengulang-ulang bacaan sampai akhirnya mereka pun hapal juga meski bacaannya tidak sebaik temannya yang lain.
Gaya belajar mereka hari ini adalah auditori.



#harike3
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunsayIIP